Ferianto Sebagai Narasumber Kegiatan Transformasi Digital Marketing untuk Pengembangan Bisnis UMKM Pontianak


Ferianto Sebagai Narasumber Kegiatan Transformasi Digital Marketing untuk Pengembangan Bisnis UMKM Pontianak

Transformasi digital merujuk pada penggunaan teknologi digital untuk merubah secara drastis bagaimana strategi dan proses dalam bisnis. Salah satu bentuk perwujudannya adalah menggunakan digital marketing sebagai strategi pemasaran. Apapun sektor bisnis yang dijalankan, skala besar maupun kecil, saat ini setiap pengusaha bisa dikatakan bergantung pada data dan teknologi. Oleh karena itu, sangat penting melakukan transformasi digital pada bisnis. Tanpa melakukannya kemungkinan besar sebuah bisnis tidak dapat berjalan lancar bahkan terpaksa gulung tikar. Untuk mengetahui lebih jelas tentang betapa pentingnya transformasi digital pada bisnis, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Mampu Beradaptasi Dengan Perubahan Perilaku Konsumen

Kemajuan teknologi saat ini khususnya internet membuat terjadinya perubahan perilaku konsumen. Perubahan yang paling mendasar adalah minat konsumen untuk berbelanja dengan langsung mendatangi toko telah sangat berkurang. Mereka kini cenderung lebih memilih untuk berbelanja secara online, melalui smartphone mereka. Alasannya lebih praktis dan efisien. Tidak perlu mengkhawatirkan macet, cuaca buruk atau menunggu lama saat antri. Agar bisnis tetap berjalan lancar, pengusaha tentu harus melakukan transformasi digital untuk dapat beradaptasi dengan perubahan tersebut. Caranya dengan membuat toko online dan mengoptimalkan pemasaran produk atau jasa Anda dengan digital marketing. Lebih jelasnya, untuk membuat toko online, Anda perlu membuat website atau memanfaatkan marketplace seperti Tokopedia, Shopee, atau Bukalapak untuk membuka toko online. Lalu, optimalkan pemasaran dengan digital marketing misalnya dengan memanfaatkan SEO dan media sosial. Bila Anda tidak memiliki keahlian dalam melakukan semua hal tersebut, Anda menggunakan bantuan jasa digital marketing agency.

2. Meningkatkan Kepuasan Konsumen

Transformasi digital memudahkan konsumen memperoleh informasi terkait produk atau jasa yang Anda tawarkan tanpa terbatas waktu dan tempat. Pelayanan pun dapat dilakukan lebih optimal, baik itu dalam hal proses transaksi pembelian, pengiriman, penyampaian keluhan atas kendala yang mungkin terjadi maupun penanganan atasnya. Sehingga kepuasan konsumen pun meningkat.

3. Upaya Efisiensi yang Efektif

Setelah transformasi digital, semua sistem akan terkomputerisasi dan terintegrasi. Pelayanan konsumen dan pemasaran dapat berjalan lebih optimal. Kemungkinan human error yang dapat mengakibatkan kerugian pun dapat diminimalisir. Hal ini tentu merupakan upaya efisiensi yang efektif. Tidak hanya dari segi waktu dan biaya saja, tetapi juga tenaga.

4. Mengurangi Risiko Kecurangan Internal

Pengembangan TI (Teknologi Informasi) beserta segala sistem yang terkomputerisasi dan terintegrasi sebagai bentuk transformasi digital dapat mengurangi risiko kecurangan yang terjadi dalam internal perusahaan. Sebab, setiap data informasi dan laporan akan terekam dalam database serta ada sistem keamanan yang membuat akses pada data krusial hanya terbatas pada orang yang memiliki otoritas.

5. Meningkatkan Nilai Saing dan Profit

Di era digital seperti saat ini, ada lebih banyak tantangan yang harus dihadapi dalam berbisnis. Salah satunya adalah ketatnya persaingan bisnis. Laju bisnis di era digital bergerak dinamis dan sangat cepat. Agar tidak kalah dalam persaingan bisnis atau setidaknya bisa bertahan tetap eksis di pasar, sebagai pengusaha Anda harus meningkatkan nilai saing dengan melakukan transformasi digital. Dengan begitu profit pun dapat meningkat.

Transformasi Digital Marketing untuk Pengembangan Bisnis UMKM Pontianak

Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Kalimantan Barat bekerja sama dengan Relawan TIK Kalbar untuk menyelenggarakan kegiatan seminar bertemakan “Transformasi Digital Marketing untuk Pengembangan Bisnis UMKM Pontianak”. Kegiatan ini berlangsung di UMKM Center Kota Pontianak, di Jalan Sultan Abdurahman No. 140. Ferianto S.Hut yang merupakan salah satu pengurus relawan TIK Kalbar, sekaligus founder lembaga kursus dan pelatihan Yale Communication menjadi narasumber dalam kegiatan ini. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 05 & 06 Juni, pada pukul 09.00 WIB.

Alamat
Jalan KH. Abdurrahman Wahid Gg. Tegal Sari 1 No 21 Desa Kuala Dua Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat.

Contact
https://wa.me/6289693950127

E-Mail
feri@yale.sch.id

Website
www.yale.sch.id